Sunday, April 8, 2012

Pesona Pulau Samalona Sulawesi Selatan

HIMPALAUAS.COM, MAKASSAR - Kota Makassar di Sulawesi Selatan, tidak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan situs sejarahnya. Kota Makassar juga memiliki pesona alam laut yang indah nan elok yang bisa menjadi tujuan bagi wisatawan pecinta wisata bahari. Salah satu pesona laut yang dapat dinikmati wisatawan adalah Pulau Samalona.




Pulau Samalona merupakan sebuah gugusan pulau karang yang berbentuk bundar dengan luas 2,34 hektar yang terletak di Selat Makassar atau tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah kecamatan Wajo dengan jarak sekitar 2 km dari kecamatan tersebut.
Pulau ini memiliki hamparan pasir putih dengan hawa yang sejuk serta jajaran pepohonanyang hijau nan rindang. Dengan air lautnya yang bersih membuat pengunjung rela berlama-lama berenang ataupun menyelam guna menyaksikan keindahan bawah laut Pulau Samalona. Perairannya pun dangkal, sehingga aman bagi anak-anak yang ingin berenang.

Selain itu pulau ini terkenal dengan keindahan terumbu karang dan merupakan tempat habitat berbagai ikan hias. Sehingga pulau ini menjadi surga bagi para pecinta diving dan snorkling. Di sekeliling pulau ini karang laut bertebaran membentuk taman bawah laut yang sangat indah dengan berbagai macam ikan berwarna-warni.
Wisatawan juga bisa melaju di atas air menggunakan jet ski di pulau ini. Lelah berbasah-basah ria, pengunjung dapat menyewa rumah dan tempat peristirahatan, sembari menikmati ikan laut hasil tangkapan para nelayan. Pulau Samalona bisa terlihat dengan jelas dari Benteng Fort Rotterdam di daerah Keling - Makassar dengan jarak hanya sekitar 500 meter dari bibir tebing Benteng Fort Rotterdam.

Untuk menuju pulau ini Anda bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) yang memakan waktu sekitar 30 menit dari kecamatan Wajo dengan biaya Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu per-kapal. Di pulau ini berdiri sebuah mercu suar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.(berbagai sumber/dan)

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys