Sunday, April 8, 2012

Keindahan Takabonerate Sulawesi Selatan Indonesia

Kekayaan alam Indonesia sungguh luar biasa! Terlebih lagi keindahan lautan yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke.
Taman Nasional Takabonerate, salah satu yang terindah di Indonesia. Pulau Taka Bonerate berada di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan
Hmm, nama tempat wisata ini memang belum setenar Bali namun pesona lautnya benar-benar cantik.
Hamparan pasir putih nan luas, air laut jernih berwarna biru kehijauan membuat pemandangan di bawah laut jelas terlihat. Taman Nasional Takabonerate menyimpan sejuta kekayaan laut.
Berbagai fauna seperti penyu, kura-kura, bintang laut, dan berbagai jenis ikan bersarang di dasar laut itu. Tak ketinggalan, Takabonerate juga memiliki atol yang menjadi atol terbesar ketiga di dunia!
Atol itu membentuk terumbu-terumbu karang yang dihiasi oleh tumbuhan laut nan indah. Oh, iya, ada yang unik dibalik cerita terbentuknya atol tersebut.
Rupanya, atol ini terbentuk dari sisi pengunungan yang terendam sekitar 2.000 meter di bawah permukaan laut.
Sisa puing-puing letusan gunung berapi yang besar, meninggalkan cincin luas dan ditumbuhi terumbu karang yang indah.
Ikan 
Inilah salah satu penghuni Taman nasional Takabonerate. Cantik

Perairan dalam atol yang megah biru kehijauan tak hanya dihuni oleh terumbu kerang namun juga ada makhluk laut.
Makhluk laut itu berupa ikan Wahoo, barakuda, Trevally, marlin, Sailfish, yellowfins, dogtooth tuna dan mackerels dan ada juga beberapa daerah tempat bersarang penyu laut, seperti, penyu sisik dan penyu hijau.
Terumbu karang yang sudah diketahui ada sebanyak 261 jenis. Sebagian besar jenis-jenis karang tersebut telah membentuk terumbu karang atol dan terumbu tepi. Semuanya adalah terumbu karang yang indah dan relatif masih utuh.
Wisatawan pun bisa ikut merasakan keindahan alam bawah laut juga, lho. Mereka bisa melakukan diving  (menyelam) di beberapa pulau di Taman Nasional Takabonerate dan wisata bahari lainnya.
Supaya kegiatan diving tidak terganggu dan bisa merasakan indahnya Takabonarate, sebaiknya kamu berkunjung saat musim kunjungan terbaik, yaitu, April hingga Juni dan Oktober hingga Desember setiap tahun.
Di musim-musim itu, angin bertiup tidak terlalu kencang dan terhindar dari badai. Yuk, coba diving  di Takabonerate!(Annisa/Kidnesia/berbagaisumber)



source: kidnesia.com 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys