Saturday, April 7, 2012

Pengembangan Wisata Sulawesi Selatan Tugas Kita Bersama

Teman-teman blogger pasti banyak yang telah membuat postingan yang menarik mengenai berbagai macam tempat-tempat wisata yang indah, menakjubkan,  dan juga mengenai jajanan maupun oleh-oleh wisata kuliner unik dan lezat yang ada di Sulawesi Selatan,  Namun bagaimanakah caranya agar tempat-tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan tersebut menjadi berkembang dan banyak didatangi oleh wisatawan dalam negeri maupun oleh wisatawan mancanegara ?


Pantai Losari



Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam mengembangan pariwisata adalah :
  • Tersedianya objek dan atraksi wisata, yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang yang mengunjungi suatu daerah wisata, misalnya keindahan alam, hasil kebudayaan suatu bangsa, makanan khas, tata cara hidup suatu masyarakat, adat istiadat suatu bangsa, festival tradisional dan upacara kenegaraan 
  •  Adanya fasilitas aksesibility, yaitu sarana dan prasarana perhubungan dan dengan segala fasilitasnya, sehingga memungkinkan para wisatawan dapat mengunjungi suatu daerah tujuan wisata tertentu ;
  • Tersedianya fasilitas amenities, yaitu sarana kepariwisataan yang dapat memberi pelayanan pada wisatawan selama dalam perjalanan wisata yang dilaksanakannya. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sulawesi Selatan sudah memiliki poin-poin diatas, namun keindahan alam, kuliner serta budaya yang dimiliki tidak akan bermakna dan juga menarik apabila tidak didukung dengan suatu kemasan serta bentuk promosi yang baik. Jika kita bicara mengenai standar internasional maka kita harus memperhatikan faktor-faktor penunjang seperti sarana dan prsarana.

Sarana-sarana disini berupa bandara udara, tempat penginapan / hotel, akses jalan, tempat makan, tempat wisata, tempat berbelanja, sarana transportasi . Terkadang pemerintah setempat telah merencanakan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin, namun sering kali perilaku masyarakat seringkali membuat pra sarana dan sarana yang sudah ada menjadi rusak maupun tidak terawat.

Kurangnya rasa sadar akan budaya menjaga kebersihan membuat sarana dan pra sarana tempat-tempat wisata di Indonesia menjadi sangat memprihatinkan dan cepat rusak. Bagaimana mungkin para wisatawan mau datang jika sarana umumnya saja masih belum memenuhi standar atau akses jalan  yang sangat memprihatinkan, jalan berlubang dimana-mana, kemudian kelayakan dari sarana transportasi di beberapa daerah yang masih sangat perlu perhatian

Suatu lokasi wisata dapat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan harus memenuhi syarat syarat untuk pengembangan daerahnya. Menurut Maryani (1997:11) syarat-syarat tersebut adalah:
  1. Something to see, artinya ditempat tersebut harus ada objek wisata yang berbeda dengan yang dimiliki daerah lain. Dengan daerah itu harus mempunyai daya tarik khusus dan atraksi budaya yang dapat dijadikan "entertainment" bagi wisatawan.
  2. Something to do, artinya ditempat tersebut selain banyak yang dapat dilihat dan disaksikan, harus pula disediakan berbagai fasilitas yang dapat membuat wisatawan betah tinggal lebih lama ditempat itu
  3. Something to buy, artinya ditempat tujuan wisata harus tersedia fasilitas untuk berbelanja (shopping) terutama barang souvenir dan kerajinan rakyat sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tempat asal.
  4.  How to arrive, termasuk didalamnya aksesibilitas, yaitu bagaimana wisatawan mengunjungi objek wisata tersebut, kendaraan apa yang akan digunakan dan berapa lama tiba ditempat wisata itu 
  5. How to stay, artinya bagaimana wisatawan akan tinggal untuk sementara waktu selama ia berlibur di objek wisata itu. Untuk itu diperlukan penginapan-penginapan baik hotel, losmen dan sebagainya. 
Sulawesi Selatan tentu memiliki objek pariwisata yang sangat indah, dibutuhkan kerjasama antara berbagai jenis elemen-elemen masyarakat dan kerjasama pemerintah agar bisa menjadi suatu pendapatan bagi masyarakat sekitar sulawesi selatan khususnya dan juga agar pariwisata sulawesi selatan bisa berkembang dengan cepat perlu diperhatikan hal-hal seperi berikut ini:

  • Penempatan sumberdaya manusia yang dapat berkomunikasi secara baik dengan para wisatawan baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dan juga keramahan dengan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri akan menjadi nilai tambah dimata para wisatawan. Hal ini mungkin faktor yang sering dilupakan, Berikanlah pelatihan kepada masyarakat sekitar atau tempatkanlah orang-orang khusus yang mempunyai kemmpuan tersebut di tempat-tempat wisata di sulawesi selatan. Buatlah para wisatawan dalam maupun luar negeri merasa nyaman  dengan mudahnya komunikasi antara wisatawan dengan maasyarakat sekitar karena dengan tidak terjadi salah komunikasi maka pengunjung wistawan mancanegara akan merasa nyaman jika masyarakat sekitar bisa mengerti dan berbicara berbahasa inggris.
  • Untuk mempromosikan wisata Sulawesi Selatan, pemerintah sulawesi selatan dapat memberikan diskon atau bahkan voucher yang berupa kunjungan gratis ke tempat-tempat wisata unggulan maupun potensi wisata lainnya kepada para pelajar maupun masyarakat umum diluar sulawesi selatan maupun yang berada  diluar negeri. Hal ini akan menjadi promosi yang baik karena jika suatu saat  mereka ingin kembali lagi ke tempat-tempat wisata di daerah sulawesi selatan dan mengajak teman lainnya untuk kembali berwisata ke tempat yang sama atau bahkan tempat wisata sulawesi selatan yang indah lainnya dan belum populer dan dikenal oleh orang banyak.
  • Faktor teknologi dan social media, pemerintah sulawesi selatan harus bisa menyediakan sebuah website resmi yang didalamya terdapat info wisata mengenai biaya wisata, saran dan prasarana seperti hotel, tempat makan, bandar udara, pelabuhan, tempat belanja, mall, peta petunjuk wisata, dan sebagainya yang bisa menjadi potensi wisata untuk wisatawan agar mereka mau berkunjung ke sulawesi selatan.
  • Masyarakat sekitar dan pengelola wisata harus bisa memberikan pelayanan yang baik dan juga ramah kepada siapa saja wisatawan yang berkunjung ke daerah mereka tanpa membedabedakan. Contohnya adalah jangan membeda-bedakan harga sesuatu barang atau jasa dengan wisatawan luar negeri dengan wisatawan yang berasal dari dalam negeri, biasanya di indonesia sering terjadi hal yang demikian, misalkan harga es kelapa harga aslinya Rp. 5000 namun dijual kepada wisatawan asing seharga Rp. 10.000, seharusnya jangan demikian.
  • Remaja di sulawesi selatan juga harus berpartisipasi dengan cara aktif membuat suatu event yang berbeda dan unik yang tidak dimiliki oleh  daerah lainnya yang ada di Indonesia maupun luar negeri dan jangan lupa untuk mempromosikannya.
  • Seluruh Komunitas di Sulawesi Selatan khusunya komunitas photography di seluruh sulawesi selatan harus berpartisipasi dan  menampilkan serta mendokumentasikan hasil karya video maupun foto-foto mengenai objek wisata maupun kegiatan-kegiatan yang ada di sulawesi selatan di website, blog pribadi atau komunitas, karena hal tersebut akan menjadi nilai jual dan juga agar masyarakat dunia tahu bahwa wisata di sulawesi selatan itu harus dikunjungi dan tidak boleh dilewatkan dalam daftar list wisata mereka. Contoh foto-fotonya dapat dilihat seperti dibawah ini:

Kubur Batu Tanah Toraja

Trans Studio Makassar

Rumah Adat Tongkonan

 Samalona Island

Kapoposang Island


Bantimurung WaterFall



Danau Tempe

 Tanjung Bira, Bulu kumba


► 3:54

Makassar City Travel Guide (Tourism)




Tanjung Bira, South Sulawesi, Indonesia



Selayar Sulawesi and Bira underwater diving

  • Masyarakat harus bisa menjaga kebersihan daerahnya dengan tidak mengotori obek-objek wisata dengan sampah-sampah, buatlah daerah wisata menadi bersih sehingga para wisatawan merasa nyaman ada disana.
  • Perlu adanya sebuah duta atau publik figur yang bisa mempromosikan Sulawesi Selatan sebagai tujuan wisata kepada masyarakat Indonesia dan juga luar negeri.
  • Peranan media lokal (Televisi, Radio, Media Cetak) untuk mempromosikan kuliner, maupun tempat-tempat wisata kepada masyarakat umum. Media lokal harus bisa mendokumentasikan tempat-tempat wisata maupun kuliner yang baik dan juga tidak terlalu mahal, tujuannya adalah agar oarang -orang tertarik untuk berkunjung ke Sulawesi Selatan


Pemerintah sulawesi selatan juga telah menggalakan aksi VISIT SOUTH SULAWESI 2012 yang bertujuan agar para wisatawan dapat berkunjung ke daerah sulawesi selatan




Nah mungkin itulah saran dan juga pandangan dari saya, semoga para masyarakat dan pemerintah setempat dapat berpartisipasi dalam perkembangan wisata didaerah sulawesi selatan. Jika daerah wisata mereka terkenal tentunya akan merasa bangga, kepada masyarakat marilah untuk mencoba bersikap baik serta ramah terhadap para wisatawan yang berkunjung ke sulawesi selatan

Saya juga memperuntukan blog ini khusus bagi masyarakat sulawesi selatan agar wisata mereka lebih dikenal dan juga akan mensejahterakan para masyarakat yanga ada di daerah sulawesi selatan nantinya. Blog ini masih dalam tahap pembuatan.

Dalam semua sektor pembangunan, partisipasi masyarakat sangatlah diperlukan karena masyarakat selain berfungsi sebagai objek pembangunan juga merupakan objek pembangunan itu sendiri, sehingga tidak heran bila ada istilah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.


Doakan saya menang yaaaa..., sebagian uangnya akan saya gunakan untuk menyelesaikan blog ini agar para wisatawan lokal dan mancanegara tertarik untuk berkunjung dan berwisata ke Sulawesi Selatan  dan berdampak positif bagi mata pencarian masyarakat  sulawesi selatan jangan lupa juga untuk para remaja atau berbagai komunitas di daerah sulawesi selatan untuk mendokumentasikan pariwisata yang ada sebaik mungkin dan menyebarkannya di media internet, percayalah di zaman seperti saat ini internet adalah media yang tepat untuk mempromosikan wisata kalian ke seluruh dunia :)

Go Sulawesi Selatan kalian pasti Bisa !!














images & photos by:
http://lameindp.deviantart.com/
http://thoya09876.deviantart.com/
http://littleofjane.deviantart.com/
http://momoclax.deviantart.com/
stepsapostlepaul.com
http://myholidaydestination.blogspot.com
http://ntguide.info/

http://lameindp.deviantart.com/ 
beingindonesian.com
http://priyantohendrik.deviantart.com/

video by;
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=i5-hBg5zJ8g
http://www.youtube.com/watch?v=N3m-XKrEj4k&feature=player_embedded
http://www.youtube.com/watch?v=5HZCQxE-jt8&feature=player_embedded











3 comments:

AGUNKz scrEaMO said...

Demi kemajuan pariwisata sulawesi selatan, Jika kalian memiliki info Sarana dan Prasaran serta mengenai Wisata Sulawesi Selatan , kalian bisa mengrim foto + artikelnya ke alamat email saya di iniagunkz@gmail.com

Tulisan tersebut akan saya postong di blog ini dan saya akan meencantumkan sumbernya, terimakasih :)

Hari Agustian said...

Menari postingan anda mengenai syarat-syarat untuk pengebangan wisata, nampaknya artekel-artekel saya harus paling tidak mempunya beberapa dari unsur tersebut.
salam blogger demi kemajuan pariwisata indonesia

Baba Studio said...

Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.
Selamat Siang,
setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
Websitedari babastudio.

Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


Salam
Baba Studio

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys